Kamis, 14 April 2011

pukis

kue pukis.. siapa c yang ga suka sama kue yang 1 ini.. hehehe.. lembut, bentuknya lucu trus rasanya enakkkkkk.. wangi santan campur am coklat, keju dan kimis.. yummm.. heehehe.. ini percobaan ke 2 membuat pukis.. resep pertama gatot karena pukisnya kerasssssssssssssss!! hahaha.. nah klo yang ini ga, pas enak lembut bgt pokoknya.. hehehehe,, seperti biasa pke resep bunda ricke.. mksi yah bunda,, hehehehe.. ini yang manggang cici ak.. kalo ak mah ga telaten n ga sabaran jadi ga bisa.. ahahahahaa..



 ini belum dikasih topping apa2.. nanti kalo ud stgh mateng bru diksi toppingnya.. cara tahu setengah mateng atau ga, liad pinggirannya sampai agak kering..




bentuknya msi ga sebagus yang jualan,, hehehe,, cuma lumayan lah mengobati rasa rindu.. hehehehe

resep:
bunda ricke, modified by me.

Bahan:
250 gram terigu protein tinggi (Cakra Kembar/Bread Flour)
150 gram gula pasir (ak tambah jdi 200 gram)
3 butir telur
1 sdt emulsifier (SP/TBM/Ovalette) ~ Optional
1/2 sdt essence vanilla
1/4 sdt garam
1 sdt ragi instant/yeast (Fermipan/Saaf Instant)
350 santan sedang kentalnya (aku pake Kara ukuran 200 ml ditambah air hingga volumenya 350 ml)
1 1/2 sdt pasta pandan (aku ga pake jdi pukis original)
65 gram margarin, lelehkan, dinginkan (ak pke 80 gram mentega)
50 ml susu kental manis putih

Cara membuat:
1. Ayak terigu. Sisihkan.
2. Campur santan dengan pasta pandan. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan garam hingga MENGEMBANG, KENTAL dan KAKU berwarna PUTIH dengan mixer kecepatan tinggi. Masukkan essence vanilla. Kocok rata.
4. Turunkan kecepatan mixer hingga kecepatan paling rendah (speed 1), masukkan 1/3 bagian terigu dan kocok rata sebentar. Masukkan 1/2 bagian santan. Kocok rata lagi. Begitu berselang seling terigu dan santan dan akhiri dengan terigu. Matikan mixer.
5. Masukkan ragi instant. Aduk rata dengan spatula.
6. Masukkan mentega cair sedikit demi sedikit. Aduk rata dengan spatula.
7. Terakhir masukkan susu kental manis. Aduk rata dengan spatula.
8. Diamkan selama 20-30 menit.
9. Panaskan cetakan kue pukis yang telah dioles minyak/margarin dengan api sedang. Setelah panas, kecilkan api (PAKAI API KECIL).
10. Tuang adonan setinggi 3/4 tinggi cetakan. Tutup sebentar biarkan setengah matang, taburi topping selagi permukaan masih agak cair tengahnya. Tutup kembali dan masak sampai matang dan permukaan kering.
11. Angkat dan keluarkan dari cetakan. Panas-panas oles/semir permukaan kedua sisi kulit pukis dengan margarin. Tujuannya agar kulit pukis tidak kering dan mengeras setelah dingin. Sajikan.

Tips:
- Jika ingin pukis lebih awet (tidak cepat asem), rebus dulu santan hingga mendidih pertama kali. Angkat dan dinginkan.
- Sebelum adonan pukis dituang, aduk sambil dikeplok-keplok dengan menggunakan sendok sayur untuk mengurangi gelembung udara berlebihan dalam adonan yg menyebabkan permukaan kue pukis bolong-bolong besar.

silahkan mencoba.. happy baking.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar